Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah DKI Jakarta dan Kalimantan

Jakarta – Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) IPKN, Bahrullah Akbar melantik Pengurus IPKN Wilayah DKI Jakarta secara langsung (offline) di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, dan secara online untuk pelantikan pengurus IPKN wilayah Kalimantan pada Senin (26/10). Dengan demikian, Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) sudah memiliki kepengurusan pada 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agus Joko Pramono selaku Anggota Dewan Pembina IPKN. Dalam sambutannya Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa gagasan utama pendirian IPKN adalah untuk membina dan meningkatkan kompetensi pemeriksa keuangan negara secara sistematis dan berkesinambungan. Pemeriksa keuangan negara tersebut adalah para pemeriksa yang ada pada BPK. Namun demikian, IPKN juga terbuka bagi para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pemeriksa yang tergabung pada asosiasi profesi seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, yaitu Anggota Dewan Pengarah IPKN, Sekretaris Jenderal DPN IPKN, dan pelaksana di lingkungan BPK Perwakilan, serta para undangan dari APIP, Kantor Akuntan Publik (KAP), dan unsur pemerintah daerah serta akademisi setempat.

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur

Sidoarjo – Anggota V BPK Prof. Bahrullah Akbar sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Insitut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN)memberikan sambutan pada acara “Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur Periode 2020-2023” di Sidoarjo, Kamis, 22 Oktober 2020.

Prosesi pelantikan pengurus IPKN Wilayah ini dilaksanakan secara daring dan langsung (offline). Pelantikan pengurus IPKN Wilayah Jawa Timur dilaksanakan di Auditorium BPK Jawa Timur secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19). Sedangkan pengurus IPKN Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti prosesi pelantikan secara virtual (online) dari tempat kedudukan masing-masing.

Selain diikuti oleh seluruh pengurus IPKN Wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT, acara ini juga dihadiri secara langsung oleh Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, serta Anggota Dewan Pengarah IPKN yang juga sebagai Auditor Utama Keuangan Negara V BPK Akhsanul Khaq.

Sedangkan tamu undangan yang hadir secara virtual antara lain Pengurus IPKN Nasional, para Ketua IPKN Wilayah, beberapa kepala daerah, auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), inspektur dan kepala satuan pengendalian internal BUMD, pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), serta pengurus Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Dengan dilantiknya pengurus IPKN Wilayah, diharapkan para pengurus IPKN dapat mengembangkan profesi pemeriksa keuangan negara dan membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara/daerah.

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua

Makassar – Pada 15 Oktober 2020 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyelenggarakan pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Daerah Sulawesi, Maluku, dan Papua Periode 2020-2023 secara daring dan offline. Pelantikan secara offline ini diselenggarakan di kantor Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Pengurus IPKN Wilayah Daerah Sulawesi, Maluku, dan Papua dilantik oleh Anggota VI BPK RI / Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) IPKN Bahrullah Akbar secara virtual.

Pelantikan ini juga disaksikan secara daring oleh para Gubernur se-Sulawesi, se-Maluku, se-Papua dan/atau yang mewakili dan para Walikota/Bupati tempat kedudukan Kantor BPK Perwakilan se-Sulawesi, se-Maluku, se-Papua dan/atau yang mewakili beserta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa IPKN Wilayah akan menjadi alat kelengkapan IPKN yang melaksanakan kegiatan di daerah dalam rangka pengembangan profesi anggota di daerah. IPKN Wilayah bertugas untuk mensinergikan kerja sama pemeriksa dan pengawas di daerah dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

Pengurus IPKN wilayah diketuai secara ex officio oleh Kepala Perwakilan BPK. Selain dari lingkungan BPK, kepengurusan IPKN wilayah juga melibatkan unsur APIP, KAP, dan para pakar di bidang keuangan negara.

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Sumatera Bagian Selatan

Palembang – Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.,CIPM.,CSFA.,CPA secara resmi melantik pengurus IPKN Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Periode 2020-2023 melalui video conference, Kamis (8/10/2020). Pengurus IPKN yang dilantik secara virtual tersebut yakni Pengurus IPKN Wilayah Sumsel,  Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya Bahrullah Akbar mengatakan, pelantikan ini didasari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 49 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa yang menyatakan bahwa jabatan fungsional pemeriksa wajib memiliki organisasi profesi untuk menjamin terwujudnya standar kualitas dan profesionalisme.

Dengan dilantiknya IPKN Wilayah Sumbagsel ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara BPK, APIP, Akademisi, IAI serta lembaga lainnya dalam rangka akuntabilitas dan transparansi pengelolaan serta tanggung jawab pengelolaan keuangan negara menuju Indonesia maju.

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Sumatera Bagian Utara

Medan – Pada Selasa (6/10/2020) Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN) menyelenggarakan “Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Sumatera Bagian Utara meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau Periode 2020-2023” oleh Ketua Umum DPN IPKN, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.,CIPM.,CSFA.,CPA secara virtual.

Pelantikan juga dilaksanakan secara offline di kantor BPK Perwakilan masing-masing dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan secara online melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube serta diikuti oleh 800 peserta.

Dengan dilantiknya pengurus IPKN wilayah Sumatera Utara, diharapkan dapat mengembangkan profesi pemeriksa keuangan negara dan membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah Provinsi Sumatera Utara untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Banten

Serang – Bertempat di auditorium BPK Perwakilan Provinsi Banten, Senin (21/09), BPK Perwakilan Provinsi Banten menyelenggarakan pelantikan pengurus IPKN Wilayah Banten periode 2020-2030 secara offline dan online.  Anggota V BPK sekaligus Ketua Umum DPN IPKN Bahrullah Akbar melantik pengurus IPKN Wilayah Banten periode 2020-2023. Acara pelantikan dihadiri secara online oleh para Ketua Komite DPN IPKN, Koordinator IPKN Wilayah Pusat, Barat, Tengah, dan Timur, seluruh Inspektur Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) di Banten, serta Ketua IPKN Wilayah Seluruh Provinsi. Secara langsung (offline) acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Serang Syafrudin, Wakil Ketua Umum DPN IPKN Hery Subowo, Tortama Keuangan Negara V BPK, Akhsanul Khaq, Sekretaris Jenderal DPN IPKN Gunarwanto, Ketua IPKN Wilayah Banten Agus Khotib, serta Bendahara Umum DPN IPKN Firdaus Amyar.

Pelantikan pengurus IPKN Wilayah Banten diawali dengan pembacaan pakta integritas oleh Ketua Umum DPN IPKN diikuti seluruh pengurus IPKN Wilayah Banten, dan diakhiri dengan foto bersama. Sebagai penutup rangkaian acara, Ketua Umum DPN IPKN Bahrullah Akbar memberikan pengarahan kepada seluruh pengurus IPKN Wilayah Banten.

Dengan dilantiknya kepengurusan IPKN Wilayah Banten diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar lembaga sehingga pemerintah akan bisa bekerja lebih baik menangani tantangan dan mengawal agenda besar bangsa menuju Indonesia maju, memperkuat hubungan kerja sama antara BPK, APIP, dan akademisi dalam rangka meningkatkan kualitas pemeriksaan keuangan negara, serta membuat tugas, fungsi, dan program kerja IPKN Wilayah Banten dapat berjalan efektif.

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Jawa Barat

Bandung – Pada Rabu (16/9/2020) Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN) menyelenggarakan pelantikan Pengurus IPKN Wilayah Jawa Barat periode 2020-2023. Para pengurus IPKN Wilayah Jawa Barat dilantik secara langsung oleh Ketua Umum DPN IPKN, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.,CIPM.,CSFA.,CPA. di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Hadir dalam pelantikan tersebut, Walikota Bandung, H. Oded Muhammad Danial, S.A.P., Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Akhsanul Khaq, MBA, Ak., CFE, CMA, CPA., CSFA., CA serta para tamu undangan.

Selain para tamu undangan yang hadir secara langsung, kegiatan ini juga diikuti oleh para pengurus IPKN wilayah seluruh Indonesia dan para tamu undangan dari kalangan akademisi, APIP/SPI BUMN dan BUMD di wilayah Jawa Barat secara daring menggunakan aplikasi berbasis konferensi video.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa, SST, M.Acc., Ak., CSFA, sebagai Ketua IPKN wilayah Jawa Barat beserta para pengurus lainnya yang telah dilantik ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan DPN IPKN dalam menjalankan kegiatan, tugas, dan fungsi organisasi IPKN di daerah, antara lain dalam pengembangan profesi anggota, sekaligus juga untuk membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah Provinsi Jawa Barat untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

Sebelum kegiatan pelantikan, pada hari yang sama (Rabu, 16/9/2020) juga dilaksanakan seminar IPKN dengan tema “Sinergi Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Eksternal dalam rangka Mendorong Peningkatan Kinerja Penanganan Pandemi Covid-19”. Seminar ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Akademisi Universitas Padjadjaran, Dra. Mudiyati Rahmatunnisa, M.A., Ph.D., dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Mulyana Ak., CA. dengan dimoderatori oleh H. Citra Sukmadilaga, S.E., M.BA., Ph.D. Selain kedua pembicara tersebut, Anggota III BPK, Dr. Achsanul Qosasi, CSFA bertindak sebagai pemberi makalah utama (keynote speech). Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 712 peserta, yang juga ditayangkan secara live dan terbuka dalam Youtube Bidang Evaluasi Badiklat. Peserta terdiri dari para Pemeriksa BPK seluruh Indonesia, APIP/SPI BUMN dan BUMD dan para akademisi di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kegiatan seminar diselenggarakan secara online guna menghindari aktivitas keramaian sebagaimana prosedur protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta – Pada Rabu (2/9/2020) Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN) menyelenggarakan pelantikan Pengurus IPKN Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2020-2023. Para pengurus IPKN Wilayah DIY dilantik secara langsung oleh Ketua Umum DPN IPKN, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.,CIPM.,CSFA.,CPA. di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Akhsanul Khaq, M.B.A., Ak.,, CFE., CMA., CPA., CSFA., CA., Koordinator IPKN Wilayah Tengah, Ade Iwan Ruswana., S.E., M.M.,Ak.,CFSA., CA., serta para tamu undangan. Selain para tamu undangan yang hadir secara langsung, kegiatan ini juga diikuti oleh para pengurus IPKN wilayah seluruh Indonesia dan para tamu undangan dari kalangan akademisi, APIP/SPI Badan Usaha Milik Daerah di wilayah DIY secara daring menggunakan aplikasi berbasis konferensi video.

Para Pengurus IPKN wilayah DIY yang telah dilantik ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan  DPN IPKN dalam menjalankan kegiatan, tugas, dan fungsi organisasi IPKN di daerah, antara lain dalam pengembangan profesi anggota, sekaligus juga untuk membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah Provinsi DIY untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

IPKN sendiri merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan di Jakarta pada tanggal 20 Februari 2020. Organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina, dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Sebelum kegiatan pelantikan, pada hari yang sama (Rabu, 2/9/2020) juga dilaksanakan seminar IPKN dengan tema “Sinergi antara Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Peningkatan Kinerja Pengelolaan Keuangan Negara”.

Seminar ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Ketua Program Studi Magister Akuntansi Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Abdul Halim M.B.A., Ak., CA. dan Kepala Perwakilan BPKP DIY, Slamet Tulus Wahyana, Ak, CA, M.Ak, CFr.A, QIA. Selain kedua pembicara tersebut, Ketua BPK RI, Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA bertindak sebagai pemberi makalah utama (keynote speech). Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 300 orang yang terdiri dari para Pemeriksa BPK seluruh Indonesia, APIP/SPI BUMD dan para akademisi di wilayah Provinsi DIY.

Kegiatan seminar diselenggarakan secara langsung dan daring menggunakan aplikasi konferensi video untuk menghindari aktivitas keramaian sesuai aturan Pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang saat ini telah menjadi pandemi.

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Jawa Tengah

Semarang – Menindaklanjuti pembentukan Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN), BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelantikan pengurus IPKN Wilayah Jawa Tengah periode 2020-2030 secara offline dan online. Bertempat di auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Selasa (01/09), Anggota V BPK sekaligus Ketua Umum DPN IPKN Bahrullah Akbar melantik pengurus IPKN Wilayah Jawa Tengah periode 2020-2023. Acara pelantikan dihadiri secara online oleh Ketua IPKN se-Indonesia, Kepala Satuan Kerja Audit Intern (SKAI) Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, dan seluruh Inspektur Pemerintah Daerah (Kabupaten/Kota) di Jawa Tengah. Secara langsung (offline) acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Wakil Ketua Umum DPN IPKN Hery Subowo, Anggota Dewan Pengarah IPKN Akhsanul Khaq, Sekretaris Jenderal DPN IPKN Gunarwanto, Koordinator Wilayah Tengah Ade Iwan Ruswana, Ketua IPKN Wilayah Jawa Tengah Ayub Amali, Ketua IPKN Wilayah Jawa Timur Agus Joko Setyono, serta Bendahara Umum DPN IPKN Firdaus Amyar.
Pelantikan pengurus IPKN Wilayah Jawa Tengah diawali dengan pembacaan pakta integritas oleh Ketua Umum DPN IPKN diikuti seluruh pengurus IPKN Wilayah Jawa Tengah, penyematan pin di kerah baju pengurus IPKN Wilayah Jawa Tengah yang baru dilantik, diakhiri dengan foto bersama.
Dalam acara pelantikan tersebut, juga dilakukan penyerahan Buku “Membangun BPK Paripurna” oleh Ketua Umum DPN IPKN kepada Wakil Gubernur Jawa Tengah. Sebagai penutup rangkaian acara, Ketua Umum DPN IPKN Bahrullah Akbar memberikan pengarahan kepada seluruh pengurus IPKN Wilayah Jawa Tengah.
Selain pelantikan pengurus IPKN wilayah Jawa Tengah, sebelumnya diselenggarakan acara seminar tentang “Sinergi antara Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Eksternal dalam rangka Mendorong Peningkatan Kinerja Pengelolaan Keuangan Negara sesuai dengan Peraturan Perundangan”, yang digelar secara virtual, diikuti seluruh Inspektur di Jawa Tengah dan seluruh auditor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Bertindak sebagai keynote speaker, Ketua BPK Agung Firman Sampurna. Sebagai narasumber dalam seminar online tersebut adalah Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret Jamal Wiwoho dan Deputi Badan Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan BPKP Iwan Taufiq Purwanto serta dimoderatori Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali.