Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta – Pada Rabu (2/9/2020) Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN) menyelenggarakan pelantikan Pengurus IPKN Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2020-2023. Para pengurus IPKN Wilayah DIY dilantik secara langsung oleh Ketua Umum DPN IPKN, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.,CIPM.,CSFA.,CPA. di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Akhsanul Khaq, M.B.A., Ak.,, CFE., CMA., CPA., CSFA., CA., Koordinator IPKN Wilayah Tengah, Ade Iwan Ruswana., S.E., M.M.,Ak.,CFSA., CA., serta para tamu undangan. Selain para tamu undangan yang hadir secara langsung, kegiatan ini juga diikuti oleh para pengurus IPKN wilayah seluruh Indonesia dan para tamu undangan dari kalangan akademisi, APIP/SPI Badan Usaha Milik Daerah di wilayah DIY secara daring menggunakan aplikasi berbasis konferensi video.

Para Pengurus IPKN wilayah DIY yang telah dilantik ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan  DPN IPKN dalam menjalankan kegiatan, tugas, dan fungsi organisasi IPKN di daerah, antara lain dalam pengembangan profesi anggota, sekaligus juga untuk membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah Provinsi DIY untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

IPKN sendiri merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan di Jakarta pada tanggal 20 Februari 2020. Organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina, dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Sebelum kegiatan pelantikan, pada hari yang sama (Rabu, 2/9/2020) juga dilaksanakan seminar IPKN dengan tema “Sinergi antara Pengawasan Internal dan Pemeriksaan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Peningkatan Kinerja Pengelolaan Keuangan Negara”.

Seminar ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Ketua Program Studi Magister Akuntansi Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Abdul Halim M.B.A., Ak., CA. dan Kepala Perwakilan BPKP DIY, Slamet Tulus Wahyana, Ak, CA, M.Ak, CFr.A, QIA. Selain kedua pembicara tersebut, Ketua BPK RI, Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA bertindak sebagai pemberi makalah utama (keynote speech). Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 300 orang yang terdiri dari para Pemeriksa BPK seluruh Indonesia, APIP/SPI BUMD dan para akademisi di wilayah Provinsi DIY.

Kegiatan seminar diselenggarakan secara langsung dan daring menggunakan aplikasi konferensi video untuk menghindari aktivitas keramaian sesuai aturan Pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang saat ini telah menjadi pandemi.

Posted in Berita and tagged .