Apa itu CSFA

Sertifikasi CSFA adalah sertifikasi profesi bagi para pemeriksa keuangan negara. Profesionalisme para pemeriksa keuangan negara ditandai dengan pemberian sertifikat profesi pemeriksa keuangan negara. Para profesional akan mendapatkan gelar profesi CSFA (Certified State Finance Auditor) yang akan diatur dalam Peraturan BPK tentang Sertifikasi Pemeriksa Keuangan Negara.

Sertifikasi profesi CSFA ini merupakan tonggak sejarah baru dalam pengembangan profesi pemeriksa keuangan negara di Indonesia. Untuk pertama kali BPK menyelenggarakan ujian profesi bagi pemeriksa keuangan negara di internal BPK. Ke depan, ujian sertifikasi pemeriksa keuangan negara juga akan diadakan untuk pemeriksa dari luar BPK, yaitu para akuntan publik dan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Sertifikasi profesi CSFA merupakan tindak lanjut dari amanah Peraturan BPK No. 1 Tahun 2017 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) yang mengatur “BPK menjamin pemeriksa memiliki keahlian yang diperlukan, dimana pemeriksa harus menjaga kompetensi profesional mereka melalui pengembangan profesional berkelanjutan” dan “Pemeriksa secara kolektif harus memiliki kompetensi profesional yang memadai untuk melaksanakan tugas pemeriksaan, yang dibuktikan dengan sertifikat profesional yang diterbitkan oleh lembaga yang berwenang atau dokumen lainnya yang menyatakan keahlian”

Sertifikasi profesi CSFA juga untuk menindaklanjuti amanah Peraturan Pemerintan No.11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang mengatur: “Sertifikasi teknis dikeluarkan organisasi profesi baik internasional atau nasional yang sudah diakui oleh lembaga pemerintah yang berwenang di bidang sertifikasi profesi” dan “Dalam hal belum terbentuk organisasi profesi, sertifikasi teknis dikeluarkan oleh instansi teknis”.

Penyelenggaraan Sertifikasi CSFA juga dalam rangka merintis pembentukan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara sebagaimana diamanahkan oleh Permenpan RB No. 49 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa yang mengatur: “BPK bertugas memfasilitasi pembentukan organisasi profesi Jabatan Fungsional Pemeriksa” dan “Pembentukan organisasi profesi paling lama 5 (lima) tahun sejak Peraturan Menteri PAN dan RB diundangkan”.

Mengapa perlu CSFA

Sertifikasi berfungsi untuk mendapatkan pengakuan bahwa seorang pemeriksa memang berkompeten di bidangnya.

Tujuan dari sertifikasi tersebut adalah untuk menjaga dan meningkatkan kompetensi seorang pemeriksa keuangan negara. Dan juga untuk ke depannya, sertifkasi ini akan menjadi persyaratan untuk menandatangani LHP Keuangan Negara yang meliputi pemeriksaan LK, pemeriksaan kinerja, dan PDTT

Untuk siapa CSFA

Untuk para pemeriksa yang terlibat dalam penugasan pemeriksaan keuangan negara, baik pihak internal BPK maupun pihak eksternal BPK ke depannya.

Pihak internal BPK ditujukan bagi minimal Pemeriksa Ahli Madya.

Sementara pihak eksternal BPK minimal :

  • manajer pada Kantor Akuntan Publik dan
  • minimal Auditor Ahli Madya bagi APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) pada K/L atau SPI BUMN/D