Inisiasi Pembentukan IPKN oleh Ketua BPK Dr. Agung Firman Sampurna S.E., M.Si. , CSFA

BPK telah ditetapkan sebagai instansi pembina Jabatan Fungsional Pemeriksa berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB No. 49 Tahun 2018 Pasal 38. Dari peraturan tersebut, BPK dinyatakan ditugaskan untuk membentuk organisasi profesi Jabatan Fungsional Pemeriksa, sebagaimana tercantum pada Pasal 39 Huruf (n).

Oleh karena itu, para pimpinan BPK mengarahkan untuk menyusun proses persiapan pembentukan organisasi profesi tersebut, yang seharusnya dimulai dari dibentuknya para personil yang mempunyai kompetensi yang sudah diakui di internal BPK. Pengakuan kompetensi tersebut yang kemudian ditetapkan harus ditunjukkan dengan adanya suatu gelar profesi.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dimulailah penyelenggaraan Sertifikasi CSFA Recognition yang merupakan jalan pembuka bagi BPK dalam melaksanakan program sertifikasi profesi pemeriksa keuangan negara. Di samping itu, program recognition ini menjadi langkah awal dalam pembentukan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara, yang Insya Allah akan di-launching dalam waktu yang tidak lama setelah penyelenggaraan Sertifikasi CSFA Recognition.

Organisasi profesi yang akan dibentuk oleh BPK yaitu Institut Pemeriksa Keuangan Negara. Organisasi Profesi selanjutnya akan membentuk Komite Sertifikasi, yang berfungsi untuk melaksanakan proses sertifikasi. Komite Sertifikasi akan mengemban tugas persiapan sampai pelaksanaan sertifikasi.

Dasar Hukum

Peraturan Menteri PAN dan RB No. 49 Tahun 2018  tentang Jabatan Fungsional Pemeriksa

  • Pasal 38

Menyatakan bahwa BPK merupakan instansi Pembina Jabatan Fungsional Pemeriksa

  • Pasal 39 Huruf (i)

Menyatakan bahwa BPK bertugas menyelenggarakan uji kompetensi Jabatan Fungsional Pemeriksa

  • Pasal 39 Huruf (n)

Menyatakan bahwa BPK bertugas memfasilitasi pembentukan organisasi profesi Jabatan Fungsional Pemeriksa

  • Pasal 46

Menyatakan bahwa pembentukan organisasi profesi paling lama 5 (lima) tahun sejak Peraturan Menteri PAN dan RB diundangkan